Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional

SELAMAT HARI BATIK NASIONAL!

Hari Batik Nasional

Hari ini, tanggal 2 Oktober 2019 bangsa Indonesia sedang merayakan dan memperingati hari batik nasional. Oleh karena itu, pada tanggal ini seluruh masyarakat Indonesia disarankan untuk menggunakan batik. Mengapa dirayakan pada tanggal 2 Oktober? Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober didasarkan pada keputusan UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization). UNESCO secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam daftar representative budaya tak benda warisan manusia (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tanggal 2 Oktober 2009. Tetapi bukan berarti, batik hanya digunakan pada tanggal 2 Oktober saja. Bangsa Indonesia menggunakan batik untuk menghadiri acara formal, kegiatan resmi maupun untuk penggunaan sehari-hari.

 

Untuk kalian yang sudah mengenal batik, tentu tidak lagi asing dengan keindahan motif dan warna warni coraknya. Namun, apakah kalian sudah memahami sejarah batik? Kata batik berasal dari bahasa Jawa ambhatik yang terdiri dari kata amba yang berarti lebar, luas, kain dan kata bhatik yang berarti titik atau matik. Singkatnya, batik merupakan titik-titik yang digambar pada selembar kain lebar sehingga menghasilkan suatu pola yang indah. Bahan dasar membuat batik pun sederhana dan mudah ditemukan. Hanya membutuhkan selembar kain, lilin dan canting. Meskipun indahnya corak batik terlihat sederhana, proses pembuatan batik tidaklah mudah. Dibutuhkan ketelitian, kesabaran, keuletan, dan jiwa seni untuk bisa menghasilkan batik yang indah. Itulah sebabnya, harga batik bermacam-macam. Semakin rumit proses pembuatannya, semakin mahal harga batik tersebut.

Hari Batik Nasional: Macam-Macam Motif Batik Indonesia

Sumber: https://grahabatik.com/

Apakah kaliah tahu ada berapa macam motif batik Indonesia? Tentunya banyak! Beberapa diantaranya adalah: motif Batik Sekar Jagad, Batik Parang, Batik Kawung, Batik Keraton , Batik Jepara, Batik Malang, Batik Solo, Batik Pekalongan, Batik Megamendung, Batik Lasem, Batik Bali, Batik Betawi, dan masih banyak lagi. Indonesia sangat kaya dengan warisan budaya ini.

 

Hari ini tim Bright Internships juga tidak mau kalah untuk unjuk diri dalam merayakan hari batik nasional. Hari ini, tim Bright Internships juga berpartisipasi untuk mewarnai Indonesia dengan menggunakan busana batik. Yuk, kita simak pendapat mereka tentang batik.

Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional

Kami Indonesia, kami bangga menggunakan batik. Cinta batik, cinta Indonesia, cinta identitas bangsa kami. Selamat hari batik nasional. Ayo gunakan batik, dan mari kita lestarikan budaya dan identitas bangsa Indonesia.