Cara Mudah Beradaptasi di Lingkungan Baru

Tempat-tempat baru selalu memberikan pengalaman-pengalaman baru. Magang ke tempat yang jauh dari daerah asalmu tentu akan memberikan kesempatan besar untuk belajar hal-hal baru dengan mendapatkan langsung pengalaman kerja yang akan pastinya bermanfaat saat kamu terjun ke dunia kerja yang sebenarnya. Akan tetapi, beradaptasi di lingkungan baru bukanlah hal mudah. Mulai dari lingkungan yang berbeda dari tempat tinggal yang sudah lama kita kenal hingga kebiasaan-kebiasaan yang berbeda dari yang kita kenal menjadi tantangan tersendiri untuk memulai sebuah perjalanan baru. Berikut beberapa tips agar kamu dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan baru.

Mengenal budaya yang berlaku

Ada peribahasa yang mengatakan, “Dimana tanah dipijak, disitu langit dijunjung.” Artinya, dimana pun kamu berada, kamu harus mengikuti tradisi yang berlakudi tempat itu. Setiap daerah yang kamu tuju pasti memiliki kebudayaannya tersendiri, bahkan tempat magangmu pasti memiliki budayanyatersendiri. Dengan mengetahui budaya yang berlaku di tempat itu, kamu akan lebih mudah menyesuaikan karena kamu tidak lagi kaget dengan apa yang mungkin akan terjadi di sekitarmu. 

Kenali dirimu lebih dekat

Sebelum kamu membaur dengan orang-orang baru di tempat yang baru, pastikan untuk kamu mengetahui pribadi seperti apakah dirimu. Setiap orang pasti memiliki kepribadian yang berbeda dan setiap pribadi memiliki caranya sendiri untuk menjalani harinya. Mulailah bertanya kepada dirimu pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti, “Apakah aku bisa bekerja di lingkungan yang ramai?” Setelah itu, carilah solusi untuk mengatasi permasalahan yang mungkin akan kamu hadapi di tempat yang baru: “Apa yang harus aku lakukan bila tempat magangku berisik?” Dengan kamu mengetahui seperti apa dirimu, kamu bisa mempersiapkan diridan berbenah diriuntuk menyambutlingkungan baru.

Mengetahui bahasa setempat

Apabila kamu pergi ke tempat yang berbeda bahasa dengan daerahmu, alangkah baiknya bila kamu mengenal bahasa setempat. Tidak perlu fasih, namun cukup dengan mengetahui beberapa kata atau kalimat penting seperti sebutan untuk tempat-tempat publik penting, seperti rumah sakit dan apotek, salam, dan lain sebagainya. Hal ini berlaku untuk negara asing yang akan kamu tuju. Bahasa Inggris memang telah menjadi bahasa global, akan tetapi dengan menguasai bahasa daerah setempat, kamu akan dengan mudah berbaur dengan orang sekitar.

Up-to-date akan hal-hal baru

Dalam hal ini, up-to-date bukan berarti kamu harus ikut-ikutan tren terbaru. Up-to-date artinya kamu harus tahu apa yang sedang terjadi di dunia luar. Apa saja itu? Apapun. Mulai berita sosial, ekonomi, dan politik, film terbaru, musik yang sedang hits, dan sebagainya. Meski kamu tidak suka dengan topik-topik tertentu, namun tidak ada salahnya untuk sekedar tahu, bukan? Dengan kamu tahu banyak hal, kamu akan dengan mudah berinteraksi dengan orang-orang sekitarmu dan pastinya kamu tidak akan kehabisan bahan pembicaraan.