Skip to main content
19 Apr, 2017

Ingin Magang di Luar Negeri? Persiapan Ini Harus Kamu lakukan

Persiapan magang di luar negeri tentu berbeda jika dibandingkan dengan magang yang biasa kamu temukan di Indonesia. Kamu tidak hanya bisa menambah pengalaman dan kemampuan di bidang yang kamu geluti, tetapi juga koneksi internasional yang bisa kamu raih. Di sini Bright Internships hadir untuk membantu kamu dalam mewujudkan mimpi untuk merasakan pengalaman dan tantangan bekerja dari perusahaan di luar negeri. Sebelumnya, kamu terlebih dulu harus mengetahui persiapan apa saja yang harus dilakukan agar berkesempatan untuk magang di luar negeri. Yuk, cari tahu sama-sama!

Menguasai Bahasa Asing

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa bahasa adalah alat komunikasi yang paling penting dalam berinteraksi dengan sesama manusia. Terlebih jika kamu memiliki tekad yang besar untuk bisa magang di luar negeri. Menguasai bahasa asing baik secara lisan ataupun tertulis sudah tentu jadi kewajiban yang harus dipenuhi sebelum menjejakkan kaki ke dunia global. Jadi, mulailah untuk menguasai bahasa asing dengan baik.

Mempelajari Negara Tujuan

Untuk mempersiapkan diri pada saat hendak mengikuti magang di luar negeri, sebaiknya kamu mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan Negara tujuan. Mulai dari kondisi geografis, sehingga kamu tidak terkejut apabila menemukan perbedaan iklim yang sangat ekstrim. Kamu juga bisa mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan pada saat musim-musim yang bersuhu ekstrim. Selain itu, perbedaan kebudayaan juga perlu dipelajari agar kamu tidak terkejut apabila ada adat istiadat dalam kegiatan sehari-hari yang berbeda.

Memperhatikan Pengurusan Izin Magang dan Tinggal di Luar Negeri

Persiapan magang di luar negeri tentu tidak bisa terlepas dari izin magang dan tinggal sesuai ketentuan yang berlaku di Negara tujuanmu. Biasanya kamu harus mengurus sendiri mulai dari paspor, visa, tiket pesawat, tempat tinggal, dan lain sebagainya. Namun, kamu tak perlu kerepotan lagi untuk mengurus segala perizinan tinggal di luar negeri karena Bright Internships dengan senang hati akan membantu kamu untuk menyelesaikan urusan tersebut.

Belajar Mengelola Keuangan

Kamu yang memutuskan untuk magang di luar negeri tentu harus siap untuk mengelola keuanganmu sendiri selama berada di Negara tersebut. Sebaiknya kamu rutin membuat rencana pengeluaran sehingga tidak terjadi kekurangan dana selama berada di luar negeri. Perhatikan juga kurs antara Rupiah dan mata uang Negara tujuan sehingga kamu bisa memperkirakan besaran uang yang dibutuhkan selama masa magang.

Mempersiapkan Mental

Salah satu hal yang juga penting untuk dipersiapkan sebelum berangkat ke luar negeri untuk magang adalah kondisi mental. Tinggal jauh dari orang tua dan keluarga tentu butuh berlatih mandiri terlebih dulu, setidaknya mulai belajar untuk mandiri. Pasalnya, selama di luar negeri tidak ada yang melayani kebutuhan pribadimu selain dirimu sendiri.

Nah, itulah tadi beberapa persiapan yang harus kamu lakukan sebelum magang di luar negeri. Butuh bantuan terkait magang di luar negeri? Jangan ragu untuk menghubungi kami.