Apa Sih yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru?

Here comes that time of the year again. Penerimaan mahasiswa baru!

Deg-degan. Excited  Khawatir. Tidak sabar. Mungkin itu lah yang dirasakan oleh mahasiswa baru. Oke, sekarang memang masih masa orientasi tapi perlu diingat bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mengenal kampus dan jurusanmu.

Mungkin rasa bosan akan sempat mampir sewaktu sesi informasi, tapi usahakan untuk menyerap informasi sebanyak-banyaknya karena informasi itu akan membantumu ketika mulai kuliah nanti. Nah, kalau sudah melewati masa ospek, hal apa saja sih yang sebenarnya harus dilakukan mahasiswa baru?

source: consumerrepotrs.org

Mahasiswa baru harus memperluas jaringan

Yes, gunakan masa-masa ini untuk berkenalan dengan banyak orang, baik dengan teman sejurusan, lintas jurusan, atau bahkan yang berbeda angkatan denganmu sekalipun. Bukan cuma kamu yang sedang jadi “orang baru” jadi tidak perlu malu-malu untuk berkenalan karena mereka pun juga ingin berkenalan.

Mahasiswa baru harus mulai mencari mentor

Tidak bisa dihindari kalau kehidupan di kuliah juga bisa sulit. Karena itu kamu memerlukan mentor. Mulailah menarget beberapa orang yang kamu andalkan—sosok inspiratif penuh pengalaman yang bisa memberikan arah dan nasehat. Kamu bisa minta bantuan senior atau bahkan dosen. Perlu diingat bahwa kuliah tidak sama dengan SMA. Jadi, kamu harus mengejar orang yang bisa membantumu ketika kamu kesulitan. Jangan cuma menunggu, okay?

 

 

Mahasiswa harus mulai membuat rencana jangka panjang

"Hah? Rencana jangka panjang buat apa? ‘Kan aku baru mulai kuliah?"

Justru karena kamu baru mulai kuliah, ini adalah waktu yang bagus untuk menyusun rencana. Mulailah memikirkan targetmu ketika lulus kuliah nanti apa. Dengan begitu, itu akan mempermudahmu memutuskan mata kuliah apa saja yang harus kamu ambil nanti. Memang seiring berjalannya waktu mungkin kamu akan menemukan hal baru, tapi rencana jangka panjangmu bisa kamu jadikan sebagai tuntunan jalanmu ketika kuliah.

Mahasiswa baru harus mulai aktif organisasi atau kepanitiaan

Rencana jangka panjang di atas bukan cuma tentang memilih mata kuliah, ya! Kmau juga bisa mulai menentukan ingin bergabung di organisasi apa nanti atau ingin bergabung di kepanitiaan apa. Kalau kamu bertanya-tanya “pentingkah untuk bergabung organisasi dan kepanitiaan?” jawabannya sudah pasti penting banget! Kuliah bukan cuma tentang akademik tapi juga melatih soft skill dan itu bisa kamu dapatkan dengan bergabung di organisasi atau kepanitiaan. Meskipun begitu, kamu tidak perlu ikut semua kepanitiaan. Pilih lah beberapa kegiatan yang kamu sukai dan bergabunglah di kegiatan itu. Dengan begitu kamu bisa menjalani kegiatan tersebut dengan senang hati.

 

 

Mahasiwsa harus mulai mencari info magang

Well, mungkin magang belum ada di daftar prioritasmu untuk sekarang, tapi seiring bertambahnya semester, magang akan menjadi prioritasmu. Zaman sekarang perusahaan menilai lebih lulusan yang sudah mempunyai pengalaman, apalagi jika itu adalah pengalaman profesional. Salah satu cara untuk mendapatkan pengalaman tersebut tentunya dengan cara magang! Kalau kamu bisa mencari informasi dari sekarang kenapa harus menunda nanti?

Mulailah pahami minatmu dimana dan mencari perusahan apa saja yang bisa membantumu mengaplikasikan dan mengembangkan skill mu. Jika kamu masih kesulitan, kamu bisa berkonsultasi dengan dosen atau berkonsultasi dengan profesional. Semakin banyak wkatu yang kamu gunakan untuk mempersipakan magang, semakin besar juga kesempatanmu untuk mendapatkan kesempatan magang di tempat yang terbaik!

Setelah memahami hal-hal di atas, tentunya kamu akan semakin siap untuk menghadapi hari pertama masuk kuliah, bukan? Kalau begitu, selamat untuk menjalani “kehidupan baru” di perkuliahan, Maba!