Cara Menulis Pengalaman Organisasi di Resume

Bagaimana cara menulis pengalaman organisasi di Resume?

Pengalaman organisasi merupakan salah satu yang diperlukan dalam resume jika belum memiliki pengalaman kerja. Ada banyak hal yang paling sering menjadi sebuah kebingungan ketika membuat resume untuk pertama kalinya. Salah satunya adalah bagaimana menuliskan pengalaman organisasi yang telah dijalani selama masa sekolah/kuliah.

Ketika membuat resume, akan ada keinginan untuk menunjukkan seberapa aktif kita dalam mengikuti kegiatan non akademik di sekolah/kampus. Tetapi ruang yang tersedia untuk menuliskan segala pencapaian dan kontribusi yang dilakukan sangat terbatas. Untuk itu, selektif sangat diperlukan ketika memasukkan pengalaman yang kita miliki. Panjang resume yang disarankan hanyalah 1-2 lembar yang sudah meliputi identitas diri, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, kemampuan/skill, daftar sertifikasi yang sudah diambil, dan lainnya.

Cara Menulis Pengalaman Organisasi di Resume

Berikut 3 tips penulisan pengalaman organisasi di resume:

1. Pilihlah kegiatan dengan banyak peranan

Apabila pengalamanmu meliputi berbagai jabatan di organisai ataupun menjadi peserta acara, pilihlah jabatan yang strategis. Pilihlah jabatan dimana kamu paling banyak berkontribusi untuk mencapai tujuan organisasi/acara tersebut. Seperti misalnya ketua pelaksana, badan pelaksana harian, dan koordinator. Prioritas terakhir adalah kegiatan yang hanya berpartisipasi sebagai anggota ataupun peserta.

2. Prioritaskan kegiatan yang berskala besar

Urutkan kegiatan yang akan dipilih berdasarkan besarnya acara atau cakupan acara tersebut. Misalnya kegiatan seminar skala internasional, organisasi skala nasional, maupun kepanitiaan skala regional.
Sebagai contoh, apabila diminta untuk memilih antara sebuah acara seminar berskala nasional sebagai peserta, dibandingkan dengan kegiatan berskala universitas sebagai ketua pelaksana yang membawahi banyak anggota dan memiliki berbagai deskripsi tugas, pilihlah kegiatan yang hanya berskala universitas. HR lebih mementingkan peran/dampak yang diberikan dalam sebuah acara dibandingkan hanya sebagai peserta walaupun di kegiatan berskala nasional.

3. Tuliskan 3 poin pencapaian/tugas

Untuk mempersingkat penulisan pengalaman organisasi dan memanfaatkan ruang di lembar resume, cukup tuliskan 3 pencapaian ataupun tugas yang telah dilaksanakan selama acara tersebut berlangsung. Apabila acara/keanggotaan masih berlangsung sampai sekarang, tuliskan tugas/kewajiban yang dimiliki.

Ingin tahu lebih lanjut seperti apa cara membuat resume yang ideal sesuai dengan posisi yang dituju ketika melamar pekerjaan? Langsung saja daftar di program CAREER TRAINING dari Bright Internships.

Nantikan informasi lainnya mengenai magang di sosial media Bright Internships. Silahkan hubungi kami apabila masih ada yang ingin ditanyakan.