Skip to main content
03 Apr, 2017

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Buat Kamu yang Ingin Magang di Luar Negeri

Belajar bahasa Inggris untuk persiapan magang di luar negeri adalah langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum berangkat ke Negara tujuan. Meskipun saat di sekolah sampai perguruan tinggi kamu selalu belajar bahasa Inggris, ternyata itu tidak menjadi jaminan kemampuan bahasa Inggrismu sudah sempurna. Buat kamu yang ingin mahir berbahasa Inggris, inilah cara mudah mempelajarinya!

Rajin Membaca Berita dalam Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris untuk magang di luar negeri selanjutnya bisa kamu tingkatkan dengan rajin membaca berita dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mulai membaca buku, koran atau majalah berbahasa Inggris, atau  menonton tayangan berita dari luar negeri. Bisa juga dilakukan dengan mengakses situs-situs berita dari luar seperti BBC, CNN, Jakarta Post, dan lain-lain. Ini adalah latihan yang bagus untuk mulai membiasakan diri dengan kosakata dan tata bahasa Inggris. Kalau kamu tidak mengerti artinya, cobalah untuk memanfaatkan kamus elektronik di gadgetmu atau kamus cetak. Menariknya, cara ini akan melatih kemampuan membaca dan menulis kalian sekaligus.

Menonton Acara TV dalam Bahasa Inggris

Kamu pasti pernah melihat tayangan TV non lokal, bukan? Baik itu pertandingan olahraga, film, drama atau mungkin acara memasak? Nah, salah satu cara mudah untuk membiasakan diri berbahasa Inggris adalah dengan menonton TV! Terlebih jika kamu mempunyai TV kabel yang di dalamnya terdapat banyak channel internasional seperti CNN, ESPN, National Geographic, dan lainnya. Gunakan waktu luangmu untuk menonton tayangan tersebut dan mulai belajar sedikit demi sedikit. Ini akan membuatmu terbiasa dengan pengucapan maupun kosakata bahasa Inggris.

Catat Kosakata Baru di Buku Catatan

Cara belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan mencatat kosakata baru di buku catatan agar dapat kamu pelajari dengan mudah. Sebaiknya cobalah untuk menggunakan kosakata-kosakata baru tersebut dalam kalimat dan melafalkannya sebanyak 3 kali agar mampu mengucapkan dengan benar terkait kosakata tersebut. Selain itu, saat kamu sedang mempelajari kosakata baru, pikirkan pula segala bentuk lain dari kata itu, misalnya beautiful (adjective), beauty (noun), beautifully (adverb).

Blogging

Buat kamu yang ingin lancar menulis dalam bahasa Inggris dengan aturan grammar yang sempurna, mulailah dengan blogging. Cara ini terbilang cukup mudah, karena kamu hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet agar bias berselancar di dunia maya. Pilih topik tulisan yang kamu gemari, bisa tentang travel, fashion, food, atau bahkan movie review. Tren blogging ini sudah cukup populer di Indonesia, kenapa kamu tidak mencobanya?

Vlogging

Tidak jauh berbeda dari aktivitas sebelumnya, Vlogging juga bisa memudahkan kamu dalam berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. Buat saja video-video menarik seperti make up tutorial, Craft DIY, atau cover lagu-lagu kesukaan kamu. Dengan begitu kamu pun akan lebih percaya diri dalam berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris.

Itulah tadi cara-cara mudah belajar bahasa Inggris untuk magang di luar negeri. Jangan ragu untuk langsung mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, belajar bahasa itu tidak ada yang instan dan butuh pembiasaan.