Skip to main content
15 Jun, 2021

Info Session Poltek APP

Global Internship: Grab Your International Exposure Opportunities merupakan tema info session dengan Politeknik APP Jakarta.

Bright Internships dan Politeknik APP Jakarta mengadakan info session bersama pada 12 Juni 2021, pukul 10.00 WIB.

Tujuan dari kegiatan ini adalah ingin membuka wawasan dan menumbuhkan kesadaran mahasiswa bahwa magang merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan sebelum masuk ke dunia professional. Dengan melakukan magang, mahasiswa belajar dari pengalamannya selama magang sehingga pada saat masuk ke dunia professional itu bukan sesuatu yang baru atau asing bagi mereka.

Salah satu tujuan akhir dari kegiatan magang ini adalah supaya dapat lanjut kerja sebagai pegawai tetap setelah kontrak magang berakhir. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat mungkin apabila selama proses magang, mahasiswa menunjukkan hasil kerja yang baik dan keinginan untuk terus belajar. Apabila perusahaan saat itu memang membuka lowongan untuk posisi tersebut, tentu perusahaan akan menawarkan kepada intern dibandingkan mencari pelamar kerja baru. Hal ini karena perusahaan sudah mengenal siapa intern mereka dan sudah tahu kemampuan dari internnya dibandingkan harus merekrut orang yang belum mereka kenal.

Dalam info session ini, Bapak Ariady, selaku Director of Strategic Partnerships dari Bright Internships menjadi pembicara dalam kegiatan ini.

Bapak Ariady memberikan motivasi kepada mahasiswa bahwa magang itu merupakan hal yang penting. Beliau juga menjelaskan mengenai benefit yang didapatkan jika melakukan magang di luar negeri, seperti akan ada perbedaan pengalaman kerja dengan orang luar negeri dan orang Indonesia, ada perbedaan budaya yang membuat kita harus beradaptasi, kemampuan komunikasi juga akan semakin meningkat, apabila magang di luar negeri juga akan meningkatkan kualitas CV/resume kita di hadapan HRD jika melamar kerja nanti.

Dalam sesi tanya jawab, banyak mahasiswa yang aktif terlibat bertanya. Salah satunya ada yang bertanya apakah magang di luar negeri apa membutuhkan sertifikasi bahasa Inggris seperti TOEFL ataupun IELTS? Bapak Ariady menjawab untuk magang di luar negeri seandainya kita mempunyai kemampuan dasar berkomunikasi dengan bahasa Inggris sudah bisa untuk berangkat keluar negeri, tapi jika punya sertifikasi juga merupakan hal bagus. Negara yang membutuhkan sertifikasi bahasa adalah Jepang dan Prancis. Untuk Jepang, mahasiswa minimal mempunyai sertifikasi bahasa Jepang N2.

info session

Ada juga mahasiswa yang bertanya negara apa yang kira-kira cocok untuk mahasiswa Indonesia sehingga saat melakukan magang tidak mengalami culture shock. Bapak Ariady menjawab pertanyaan tersebut dengan jelas dan memaparkan secara garis besar bagaimana untuk beradaptasi saat di luar negeri.
Apabila teman-teman melewatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan info session ini, jangan khawatir karena Bright Internships akan kembali menghadirkan berbagai kegiatan seperti ini.

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai program-program yang disediakan Bright Internships, silahkan hubungi kami.