Jangan Lakukan Kesalahan Magang Ini

Kesalahan Magang Ini, Jangan Sampai Anda Lakukan

Magang merupakan salah satu sarana untuk mengenalkan dunia kerja kepada mahasiswa yang akan lulus. Banyak manfaat yang bisa didapatkan saat pelaksanaan magang. Salah satunya, kita lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan suasana kerja. Tapi, tidak semua mahasiswa memandang magang sebagai sebuah kesempatan yang baik untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja. Sehingga secara tidak sadar mahasiswa seringkali melakukan beberapa kesalahan selama pelaksanaan magang. Apa saja kesalahan magang tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

1. Datang Terlambat dan Pulang Tepat Waktu

Kesalahan Magang: Datang Terlambat

Sebagaimana layaknya orang bekerja, anak magang pun harus mengikuti peraturan perusahaan yang ada. Termasuk aturan jam kerja perusahaan. Seringkali mahasiswa magang datang terlalu mepet, bahkan terlambat.  Di sisi lain, mereka selalu pulang tepat waktu. Bahkan sudah bersiap untuk pulang sebelum jamnya. Mereka merasa hal ini bukan masalah yang besar. Alasannya, karena status mereka hanya magang dan bukan karyawan tetap. Bagi kalian yang masih menjalani magang, hindari kebiasaan ini ya.

 

2. Tidak Memberi Kabar Kepada Supervisor

Kesalahan Magang: Tidak Memberi Kabar. Photo by William Iven on Unsplash

Kesalahan magang sederhana ini juga sering dilakukan. Apabila hendak pulang atau tidak dapat hadir untuk magang, tidak memberi tahu supervisor yang bertugas. Apapun alasannya, akan lebih baik bila kita memberikan kabar ke supervisor yang bersangkutan. Pertama kita bisa memberitahu melalui chat terlebih dahulu. Kemudian kita dapat melampirkan surat resmi saat masuk magang lagi. Jangan biarkan supervisor Anda yang mencari Anda terlebih dahulu.

 

3. Tidak Berpenampilan Rapi

Kesalahan Magang: Tidak Berpakaian Rapi. Photo by Andrew Neel on Unsplash

Masih banyak mahasiswa magang yang enggan menggunakan busana yang office look. Apabila perusahaan tidak mempermasalahkan hal tersebut, it’s okay. Tapi perlu diketahui bahwa magang adalah kesempatan yang baik untuk menciptakan budaya disiplin. Salah satunya dengan membiasakan diri untuk menggunakan busana yang office look. Dengan kata lain, secara perlahan-lahan kita dituntun untuk bersikap professional saat bekerja.

 

4. Terlalu Banyak Mengeluh

Kesalahan Magang: Terlalu Banyak Mengeluh. Photo by Omar Prestwich on Unsplash

Terlalu banyak pekerjaan, kita mengeluh. Terlalu sedikit pekerjaan, kita juga mengeluh. Kebiasaan ini harus dikurangi dan dihindari. Coba telusuri lagi mengapa perusahaan memberikan pekerjaan yang melebihi porsi anak magang. Bisa jadi karena perusahaan membutuhkan bantuan untuk menyortir file yang ada. Telusuri juga, mengapa perusahaan memberikan pekerjaan yang kurang dari porsi anak magang. Bisa jadi karena ada beberapa file yang hanya bisa dikerjakan oleh internal perusahaan dan bersifat rahasia.

 

5. Tidak Pro-Aktif

Kesalahan Magang: Tidak Pro-Aktif. Photo by Oli Dale on Unsplash

Banyak yang masih menyepelekan kesalahan magang ini. Saat kita mendapatkan pekerjaan yang terlalu sedikit dan merasa kurang mendapatkan pengalaman, jangan ragu untuk bertanya. Tanyakan kepada supervisor Anda apakah ada pekerjaan lain yang bisa dilakukan. Bersikap pro-aktif menunjukkan antusiasme dan semangat kerja kita. Hal ini juga mencerminkan sikap menghargai perusahaan tempat magang kita atas kesempatan magang yang diberikan. Sekecil apapun perhatian yang bisa Anda berikan, pasti akan direspon dengan positif.

 

Jadi, kalian sudah tahu apa saja kesalahan-kesalahan kecil yang sering terjadi saat magang. Jangan sampai kesalahan-kesalahan saat magang ini kalian lakukan ya, baik magang yang dilaksanakan di dalam negeri maupun di luar negeri.

Untuk kalian yang sedang mencari informasi atau kesempatan untuk magang di luar negeri, Bright Internships tempatnya. Kami siap membantu menjawab pertanyaan dan keraguan mengenai magang di luar negeri yang kalian miliki. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi kami. Bright Internships team is here to make your internship dream come true.