Skip to main content
08 Apr, 2018

Mahasiswa, Ikuti 5 Kegiatan Ini Untuk Mempercantik CV!

Menjadi mahasiswa adalah satu momen yang paling berkesan bagi kebanyakan orang. Jika kamu seorang mahasiswa, ketahuilah kalau kamu memiliki peluang untuk memperkaya pengalaman dan juga wawasan. Hal ini dapat dimulai dengan cara sederhana yaitu dengan menjadi mahasiswa yang aktif. Jangan berpikir kalau mengikuti kegiatan di kampus hanya demi mengisi waktu luang. Pengalaman dan wawasan yang kamu dapat dari kegiatan kampus sebenernya dapat kamu gunakan untuk mempercantik CV kamu. Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang berguna untuk CV-mu nanti!

Image source: everythreeweekly.com

Mengikuti UKM

Hampir semua kampus memberikan mahasiswanya fasilitas untuk mengembangkan bakat dan minat mereka diluar akademik. Beragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pun dibentuk untuk itu. Jangan beberat hati untuk mengikuti kegiatan UKM di kampus kalian. Dengan mengikuti UKM, kalian bisa memperluas pertemanan. Selain itu kalian juga akan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang berkaitan dengan hobi kalian.   

Mengikuti Kompetisi

Dengan mengikuti kompetisi, kalian telah menantang diri kalian sendiri. Tentunya ini akan memberikan banyak manfaat dan pengalaman baru bagi diri kalian. Kalian akan belajar untuk menuangkan ide dan mempresentasikannya kepada orang lain. Selain itu, kalian juga bisa bertemu orang-orang baru yang memiliki passion sama denganmu. Jangan jadikan mereka alasan untuk menjadi rendah diri karena pasti ada hal yang bisa kamu pelajari dari saingan-sainganmu di kompetisi.

Mengikuti Organisasi

Setiap jurusan tentunya memiliki himpunan mahasiswa. Ini merupakan wadah yang berguna untuk mempertemukan mahasiswa kedalam sebuah organisasi. Mengikuti organisasi tentunya akan memberikanmu banyak manfaat. Kamu bisa melatih soft skill dalam hal kepemimpinan dan juga komunikasi. Kamu juga akan belajar bagaimana caranya merancang dan menjalankan sebuah kegiatan. Bagusnya lagi, kegiatan-kegiatan ini sesuai dengan jurusanmu, yang berarti kamu juga bisa memperdalam pengetahuanmu tentang jurusanmu. Tentunya kamu bisa menggunakan pengalaman berorganisasimu untuk mempercantik CV milikmu. Hal ini dapat membantu meyakinkan perekrut bahwa kamu memiliki pengalaman bekerja dengan orang lain.

Menjadi Volunteer

Kegiatan volunteer belakangan sudah bertambah jumlah dan kegiatannya terutama untuk kalangan mahasiswa. Rajin-rajinlah mencari karena sebenarnya banyak organisasi yang mengadakan. Mulai dengan apa yang kamu suka dan bisa. Jika kamu suka mengajar, kamu bisa membantu menjadi seorang pengajar. Jika kamu memiliki kelebihan dalam hal keterampilan, kamu bisa mengajarkan hal tersebut. Manfaat kegiatan volunteer ini bukan hanya dirasa oleh orang-orang yang dibantu tapi juga olehmu. Tenrtunya kamu akan merasa lebih berarti karena dapat membantu mereka yang membutuhkan.

Mengikuti Kegiatan Internasional

Sekarang sudah mulai banyak kampus yang menjalin kerjasama dengan universitas dan istitusi di luar negri. Kesepakatan yang paling umum dilakukan adalah kegiatan untuk melakukan pertukaran pelajar, double degree dan magang. Banyak jenis kegiatan internasional yang dapat dilakukan di berbagai macam destinasi. Akan banyak manfaat yang dapat kamu rasakan dari program internasional ini terutama mempelajari budaya negara lain yang sangat berbeda dengan Indonesia. Kamu akan bertemu banyak orang baru dengan latar belakang yang berbeda. Kamu juga akan belajar untuk menjalin hubungan dan bekerjasama dengan mereka. Hal ini dapat membuka pikiranmu pada hal-hal baru nantinya. Kegiatan ini jelas akan sangat mempercantik CV milikmu. Apabila kalian berminat untuk mengikuti program magang di luar negeri, tim Bright Internships akan dengan senang hati membantu.