mengatur waktu

Mengatur Waktu Saat Berkuliah

Mengatur Waktu Untuk Kuliah, Organisasi, dan Magang

Mengatur waktu di masa muda adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Karena di masa muda, milenial lebih suka untuk bersenang-senang. Apa yang ingin brighterns lakukan sangat berpengaruh kepada kehidupan masa sekarang dan masa depan. Apakah brighterns lebih memilih untuk fokus berkuliah, atau juga melakukan kegiatan organisasi, atau hanya ingin mencari uang dengan melakukan kegiatan magang atau bekerja? Bekerja dan berorganisasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam bekerja brighterns bisa mendapatkan koneksi, penghasilan dan pengalaman kerja yang dapat dituliskan di resume. Sedangkan, saat mengikuti kegiatan organisasi brighterns bisa mendapatkan koneksi dengan teman seangkatan, adik kelas atau kakak kelas di kampus atau bahkan saat menjalin kerjasama dengan kampus lainnya. Tapi, kegiatan organisasi tidak memberi penghasilan.

Lebih penting mana pengalaman bekerja atau pengalaman berorganisasi? jawabannya adalah tergantung dari kepribadian brighterns. Apakah kedua pengalaman tersebut sudah menjadikan brighterns menjadi pribadi yang lebih dewasa, siap untuk bekerja dan bersaing di dunia nyata? Bagaimana cara mengatur waktu untuk kegiatan kuliah, magang dan organisasi?

 

Ikuti Kegiatan Organisasi di Awal Semester

Mempersibuk diri sendiri di semester awal (satu sampai tiga) dengan kegiatan UKM/ ekstrakurikuler/ organisasi. Tujuannya adalah untuk lebih mengenal teman-teman perkuliahan satu angkatan di kampus. Biasanya di awal semester perkuliahan, tugas yang diberikan masih sedikit. Membiasakan mengatur waktu sejak awal kuliah adalah hal yang bagus agar hal ini bisa menjadi kebiasaan hingga lulus kuliah.

mengatur waktu

Cari Pengalaman Bekerja atau Magang

Saat berkuliah, banyak yang ingin bekerja untuk mencari tambahan uang jajan. Dengan perkembangan teknologi, pekerjaan paruh waktu bisa dilakukan secara daring. Ingin memiliki pengalaman nyata? Cari saja lowongan paruh waktu. Brighterns juga bisa mencari lowongan magang yang sesuai dengan jurusan perkuliahan teman-teman atau bidang yang teman-teman ingin pelajari , contohnya: social media specialist, content writer, dan masih banyak lagi. Mari cari pengalaman sebanyak-banyaknya saat masih muda sebelum terlambat dan menyesal di kemudian hari.

 

Semester Akhir, Diisi dengan Kegiatan apa?

Tidak jarang dari mahasiswa/i yang ingin segera cepat lulus. Mendapatkan judul dari semester enam atau tujuh adalah sebuah goals. Bila belum dapat? Tidak perlu terburu-buru dan merasa stress karena belajar dari pengalaman, skripsi sebaiknya dikerjakan dengan santai tapi tetap ada perkembangan rutin. Saat semester akhir apakah bisa mengerjakan skripsi sambil melakukan kegiatan magang atau bekerja? Tentu saja bisa! Ini harus dilakukan dengan niat dan semangat dari brighterns. Cara membagi waktunya adalah dengan membuat to-do-list, berisi delapan jam istirahat, delapan jam bekerja/magang dan delapan jam mengerjakan skripsi. 

Apakah brighterns masih memiliki pertanyaan tentang time management skill? Mari ikuti webinar dan workshop yang akan diadakan Bright Internships pada tanggal 12 November dengan speakernya adalah Bapak Ariady (DIrector of Strategic Partnership of Bright Internships). Dengan mengikuti webinar ini, brighterns akan mendapatkan pengalaman workshop, e-certificate, materi handout dan kesempatan untuk bertanya sebanyak-banyaknya kepada pakarnya. Pendaftaran