Skip to main content
03 Jan, 2019

Pentingkah Hobi di CV? Penting Banget!

Banyak yang bilang kalau mencantumkan hobi di CV adalah hal yang sia-sia. Mereka berpendapat bahwa kolom hobi hanya akan mengurangi kualitas CV mu, dan tidak akan dilihat oleh atasanmu.

Padahal sebenarnya hobi di CV itu penting! Dari hobi, interviewer bisa melihat sekilas kepribadianmu yang sebenarnya. Interviewer pun akan mengerti bagaimana harus memperlakukannmu sebagai manusia.

Tapi tahukah kamu kalau ada hobi-hobi yang bisa meningkatkan kualitas CV sekaligus dapat membantumu menarik perhatian HRD?

Yoga

Orang yang gemar yoga cenderung memiliki kemampuan untuk tetap tenang. Alyssa Gelbard, seorang konsultan karier, menyatakan bahwa kamu akan terlihat lebih menarik dengan menuliskan hobi yoga di CV untuk pekerjaan di PR Agency, maupun di periklanan. Hal ini karena kamu dapat tetap tenang walau berada di bawah tekanan di lingkungan pekerjaan yang sangat sibuk.

Menulis

Kalau kamu ingin melamar pekerjaan di bidang komunikasi maupun pemasaran, memperlihatkan kemampuan menulis tentunya meningkatkan kesempatanmu untuk diterima. Salah satu yang dapat kamu perlihatkan adalah blog yang sering kamu tulis. Dan tentunya sebaiknya kamu aktif di blog, dan memastikan tulisan di blog tersebut menarik.

Fotografi atau Videografi

Kalau sudah punya hobi yang juga merangkap sebagai skill ini, sama saja artinya kemungkinanmu untuk diterima di perusahaan cukup besar. Hobi fotografi perlu diakui sebagai hobi yang cukup menguntungkan. Selain kamu dapat berbisnis di bidang fotografi, hobi ini juga menjadi nilai tambah bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan tertentu.

Perusahaan seperti periklanan mencari berbagai orang kreatif yang tidak hanya jago desain, atau menggambar saja, tetapi memiliki kegemaran di dunia fotografi atau videografi.

Olahraga Ekstrem

Bagi kamu yang hobi olahraga ekstrem seperti arung jeram, panjat tebing, menyelam, ski diving, atau yang lain, jangan malu-malu untuk menuliskannya di CV.  Dengan menuliskan olahraga esktrem pada kolom hobi, itu akan menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang jago memperhitungkan resiko dan meminimalisirnya, pemberani serta disiplin. Hobi ini cocok untuk kamu yang ingin bekerja di perusahaan besar atau start-up sekalipun.

Memasak

Hobi masak tidak hanya berguna untuk kamu yang akan berkecimpung di industri kuliner. Tapi beberapa bidang lainnya juga memandang hobi masak sebagi nilai plus. Orang yang hobi masak menunjukkan kemampuan perencanaan yang baik, ketelitian, dan rasa penasaran yang tinggi. Hobi masak juga akan menunjukkan bahwa kamu akan selalu berusaha menampilkan yang terbaik. Makanya kalau kamu punya hobi ini jangan lupa cantumin di CV ya.

Jadi, kalau kamu lihat-lihat lagi, hobi yang paling menjual adalah hobi dengan kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh sembarang orang. Coba gali lagi dirimu dan temukan hobi apa sih yang menjadi daya tarik dan bisa ditulis di CV? Tapi harus tetap jujur ya, jangan hobi yang dibuat-buat!