Tips Menggunakan LinkedIn

Tips Menggunakan LinkedIn dengan Baik dan Benar.

LinkedIn, salah satu sosial media dengan banyak orang profesional dalam bidangnya. Ada beberapa tips menggunakan LinkedIn yang wajib diketahui untuk freshgraduate, yaitu:

Foto Profil

Pertama, tips menggunakan LinkedIn adalah gunakan foto profil yang formal atau pantas untuk dilihat. Kamu bisa menggunakan pas foto atau foto yang menggambarkan pekerjaanmu. Hindari penggunaan foto selfie atau liburan karena hal ini menunjukkan kamu bukan orang yang serius untuk menjalin relasi kerja.

Tips Menggunakan LinkedIn

Photo by Icons8 Team on Unsplash

Data diri LinkedIn

Kedua, isi data diri kamu sejujurnya. Bila belum memiliki pengalaman kerja atau hal lainnya isi saja seadanya tidak perlu minder. Kamu juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bidang anda agar lebih menarik dimata perusahaan. Kamu bisa melakukan kegiatan volunteer, pekerjaan part-time atau magang. Kolom “about” dapat diisi semenarik mungkin karena ini adalah wadah “menjual” diri kepada penawar pekerjaan agar mereka tertarik untuk mempekerjakan kamu. Bila masih bingung silahkan baca referensinya di (https://business.linkedin.com/talent-solutions/blog/linkedin-best-practi...)

Headline Profil LinkedIn

Tips menggunakan LinkedIn yang ketiga adalah tulis headline dengan posisi terakhir/ pendidikan terakhir/jurusan kamu. Jangan gunakan kata-kata mutiara/quote. Bila kamu menulis quote, pencari pekerja/HR/HeadHunter tidak bisa menemukan profilmu ketika mereka mencari posisi tertentu.

Relasi dalam Linkedin

Pada awal membuat akun LinkedIn pasti merasa beranda kosong hal ini wajar karena kamu belum mengikuti siapapun. Kamu bisa menambahkan teman-teman kampus/ rekan kantor/ rekan seprofesi agar timeline kamu dapat memunculkan info loker, info seminar atau info minat dan jurusanmu.

Tips menggunakan LinkedIn

photo:cowomen by unsplash

Buat profil yang menarik

Kamu bisa mencoba membuat konten yang dapat meningkatkan personal branding. Tuliskan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan, tips&trik. Hal ini dilakukan untuk menarik minat penyedia lowongan untuk mempekerjakan kamu.

Selain itu, tuliskan pengalaman magang kamu ke profil LinkedIn karena hal ini membuat profil LinkedIn terlihat lebih berisi dan menarik. Hubungi kami bila kamu ingin memperbanyak pengalaman dengan magang ya!