Skip to main content
22 Nov, 2021

Tips Tampil Prima Saat Presentasi

Tips Tampil Prima Saat Presentasi

Apa yang kamu rasakan saat kamu hendak melakukan presentasi di depan banyak orang? Apalagi setelah pandemi yang terjadi membuat kita seakan jarang bersosialisasi. Apakah kamu gugup? Stress? Malu? Merasa kurang persiapan? Berikut tips agar kamu dapat tampil prima saat presentasi

1. Pahami siapa pendengarmu

Sebelum kamu melakukan presentasi, cari tau terlebih dahulu siapa yang akan menjadi pendengarmu apakah mereka merupakan teman sebayamu, dosen, guru atau pemimpin perusahaanmu. Ingat juga bahwa mereka adalah "mahkluk hidup", jangan lupa untuk berinteraksi. Kamu dapat bertanya beberapa pertanyaan kepada mereka atau memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertanya kepadamu. Tanamkan juga saat kamu melakukan presentasi, pendengar ingin mendapatkan sesuatu baik berupa informasi, ataupun tujuan dari presentasi ini.

2.Strategi pembuatan konten

Berkaitan dengan poin sebelumnya, agar pendengar tertarik dengan tujuan presentasimu, buatlah tujuan kontenmu sebelum berbicara. Kamu dapat membuat poin-poin inti yang akan kamu bicarakan. Ingatlah untuk menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti sehingga pendengar dapat memahami apa yang kamu bicarakan. Kamu juga dapat menggunakan slides presentasi untuk mempermudah kamu saat presentasi. Buatlah semenarik mungkin.

3. Tampil percaya diri

Kepercayaan diri didapat apabila kamu sering berlatih, Carilah cara yang membuat kamu nyaman untuk latihan. Jangan lupa juga untuk menyapa pendengar sebelum memulai presentasi dan saat berbicara, usahakan untuk melakukan eye-contact sehingga pendengar terfokus pada kamu.

Apabila kamu tertarik untuk melatih diri dalam presentasi, kamu dapat menghubungi kami melalui sosial media kami.